Category Archives: Belajar Bahasa Korea

Kosa kata korea

시끄럽다 ( sikeuroebda / berisik )
여름 ( yoereum / musim panas )
말많이 ( mal manhi / cerewet )
진짜 ( jinca / sungguh )
지키다 ( jiqida / menepati )
약속 ( yagsog / janji )

#UCAPAN MAaf#

Mian= Maaf
Mian habnida (미안합니다). ☞ Maafkan saya (formal)
Mian haeyo (미안해요). ☞ Maafkan saya
Joiseong habnida (죄성힙니다). ☞ Saya minta maaf.

::::Bertanya dalam bahasa korea::::::::::
Odi gaseyo (어디 가세요) ? ☞ Mau pergi kemana?
Siksa hasyossoyo (식사하셨어요) ? ☞ Apakah anda sudah makan? (formal)
Bab mokossoyo (밥먹었어요) ? ☞ Apakah anda sudah makan?
Jongmaliyeyo (정말이예요) ? ☞ Benarkah?
Matsige desoyo (맛있게 드세요). ☞ Selamat makan/Selamat menikmati hidangan anda

:::::::UCAPAN TERIMAKASIH ::::::
Gamsahabnida (감사합니다). ☞ Terima kasih (formal)
Dae danhi gamsahabnida (대단히 감사합니다). ☞ Terima kasih banyak (formal)
Gomawoyo* (고마워요). ☞ Terima kasih
* gomawoyo –> boleh di ucapkan kepada teman atau teman seusia dan dengan orang yang usianya di bawah kita.

[Miseu]= Nonya
[Conggak]= Anak muda (lk)
[Agasshi]= Anak perawan
[Jane]= Anda/saudara
[Ein]= Kekasih/pacar
[Chingu]=Teman
[Yeoja]=Perempuan
[namja]= Laki-laki
[Chagiya]=sayang

[Ne,Ye]= Ya
[Anio]=Tidak/Bukan
[Nugu]=Siapa
[Eonje]=Kapan
[Eodiseo]=Diamana
[Moueoseul,Mwo,Muot]=Apa
[wae,Weo]=Kenapa
[Eottokhe]=Bagaimana
[Yeobseyo]= Halo (Bisa untuk percakapan Telepon)
[annyeonghaseyo] atau [ Annyonghasiminikka (Formal)]=Apakabar
[Mannaso pan-gawoyo] atau [Mannaso pan-gasumnida(Formal)]= Saya senang bertemu dengan Anda

eodi = dimana
geunmusigan = jam kerja
jeomsimsigan = jam makan siang
yaksok =perjanjian
doragada = kembali
toegeunhada = pulang
gada = pergi
jinjja:benarkah
arraseyo: aku tahu…

Iklan

kosakata2 yang berhubungan dengan cinta,,check this out :D

1. 사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .
2. 사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는
너를 사랑 하다 ( Naneun neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “
3. 사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).
4. 사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까? ( sarang hamnika ? )

Catatan :
a. Huruf akhir ( bachim ) ㅂ ( b/p ) ketika bertemu dengan ㄴ( n ) maka dibaca ㅁ ( m ).받침 ㅂ, ㅍ [p] + ㄴ [n] / ㅁ [m]
─> [m.n , m.?] / [m.m]
b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan ( 반 말 ) dan bahasa halus/hormat ( 존대 말 ).
5. 사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).
6. 사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai
7. 사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai
8. 사랑 할 수없다( sarang hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata ”사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai.
Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :
9. 사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 할 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 할 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.
10.사랑한 다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang) aku mencintamu ” .는/은 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.

Beberapa kata tentang cinta :
사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
사 랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni

1. Ch’ônnun = pandangan pertama
2. Ch’ôssarang = cinta pertama
3. Kalsaek = coklat
4. Sarang = Cinta
5. Nae Yoja Chin-gu Ga Dwae-O Jullae = Maukah kau jadi pacarku?
6. Nôl kûriwohal gôya = Aku akan merindukanmu
7. Nôrûl hangsang saranghal gôya = Aku akan selalu mencintaimu
8. Nôl yôljunghanda = aku tergila-gila padamu
9. Nôl saranghanda = aku cinta padamu
10. Nôl saranghædo doeni? = bolehkah aku mencintaimu?
11. Dô mani saranghæ = cintai aku lebih banyak
12. Nôl joahajiman saranghaji ana = aku suka padamu, tapi aku tak mencintaimu lagi
13. Nôl saranghæssô = aku cinta padamu (dulu).(lampau)
14. Saranghada = mencintai (sangat)
15. Chohada = suka
16. Cho-a ha-da = menyukai
17. Yônae = asmara
18. Saranghanun = kekasih
19. Sarang-su-rop-ge = sayang
20. Sarang hae (yo) = Aku mencintaimu(tambahan yo = lebih sopan dan penuh penekanan)

Radio yang memutar lagu K-POP

Bandung
OZ radio
OZRIENTAL
jadwal : rabu
wkt : 10 malem
di OZ radio 103.1 FM~
fb : http://www.facebook.com/OZRiental

HAPPY HANGUK (pure Hanguk)
jadwal : Minggu
wkt : 10 pagi
di CBL Radio 91.7 FM
fb : http://www.facebook.com/profile.php?id=100000191312013

Pro2 96fm
Jadwal :minggu
jam 21.30.

Asian Delight
Ardan radio 105.9fm
hari selasa
jam 22.00 – 24.00
fb : http://www.facebook.com/ardanradio

Garuda 105.5 FM
hari Minggu
jam 7 malem ampe jam 9 malem

SKY FM 9050FM
Oriental Touch
minggu
jam 6 pagi

SE Radio
hari minggu
jam 12-3 sore 88,10  Fm
Nama’a JAKO MATSURI
FB : http://www.facebook.com/profile.php?id=100001903907839&sk=info

107,9 FM Swara Radio Jatinangor – Bandung
hari Minggu, jam 12-3 PM
Nama acaranya JATAKO (Jepang Taiwan Korea)

JAKARTA
KBS radio (102.6 Radio Camajaya )
pada setiap hari
pukul 19.00 – 20.00 WIB.

Sunday Mandarin PAS FM 92.4 Jakarta.
hari minggu
jam 06.00 AM – 00:00 AM
streaming : http://202.146.225.106:8000/listen.pls
fb :http://www.facebook.com/sundaymandarin

gaya oriental 93.6 FM
Rabu dan Jumat
jam 8-10 mlm

Jember
KPOPCorn
Soka Fm 102,2 FM
Minggu
12.00pm – 2.00pm

Makasar
102.7 Tel Star FM.
Pesona Oriental,
Minggu
pukul 13.00 – 15.00

MADAMA Radio 87,7 FM
hari Sabtu
jam 16:00

Cirebon
Kisi FM 94,3 FM
selasa di minggu pertama / minggu ke-5 tiap bulan
jam 8 malem

106,3 hitz fm
hari minggu,
jam 10-1 siang

KEDIRI
JAYABAYA 90,4 fm
Korean Waves Attack
tiap hari jam 6-8 malam.

radio Kharisma 95.5 Fm
Asian Song:
Senin-Kamis
pkl 1-3 pm and Jumat-Sabtu 6-8 pm

Sukabumi

Radio RSPD Citra Lestari 102,8 FM

hari Jum’at

Pukul 13.00 – 18.00

SEMARANG

Pro Alma FM 97.7 FM

~pro oriental
hari sabtu
9AM-11AM

~kpop jjang
hari sabtu
3PM-5PM

Trax FM 90.2 FM
korengan
hari rabu
9AM-10AM

104,4 fm (IMELDA)
senin, rabu, sabtu jam 12.00-14.00 WIB
(korea, mandarin, jepang)
stream : http://imeldafm.listen2myradio.com/

Bali
Phoenix radio bali 91.0 FM
hari kamis
jam 19-21 wita
hari minggu
jam 18-20 wita

Banjarbaru,kalsel
Star Fm (90,5 fm)
rhythm of asia (jepang,korea,mandarin)
senin-sabtu (
jam 14.00-16.00 WITA

Jogjakarta
Sasando FM
90.3 FM,
hari Senin-Sabtu,
jam 13.00 – 15.00 wib

radio EMC Star Family 97.8FM.
hari minggu
jam 1-jam 3 sore

tasikmalaya
6.2 nafiri fm
asianshowbis
hari minggu
jam 3pm-7pm

selasa-kamis
96.2 nafiri fm
jam 6pm-9pm
kamis
full korea
nama acaranya orange juss

emdikei fm 102.9
sabtu
jam 7pm-8pm

MALANG
SOLAGRACIA 99.0 FM
JAM 2PM-4PM
EVERY MONDAY UNTIL FRIDAY

BANTEN:
PRIMA RADIO 98,5 FM
Korean Invasion:
Sabtu-Minggu
pukul 17:00-20:00 WIB

kaltim tenggarong
radio swaramaha 93.1 fm .
setiap minggu
jam 10-12 pgi

Padang
Jingga Radio, 95,9 fm
Hana (Hits Asian on Jingga)
Setiap hari Rabu
jam 8 – 10 malam

Pesona fm, 105,0 fm
Asian Hits
Setiap hari Minggu
jam 7 – 9 malam

Surabaya
global fm 90,9
tiap hari 10-12 siang (korea&mandarin)

istarafm
tiap rabu
jam 01-03 siang
tiap minggu ‘ASIAN HITS
jam 07-09 malam

Kalimatan Tengah [Palangkaraya]
Kalaweit FM
Asia Bite [korea, jepang mandarin]
99.1 FM
setiap hari sabtu
jam 6-9 PM
steraming di website http://www.kalaweitfm.com/

bogor
106.8 fm radio rri bogor
hari kamis
jam 20.00 (khusus buat pencinta jpop)
jam 21.30(khusus buat pencinta kpop) sampai jam 22.30-00.00 am(china,thailand,vietnam,jepang,korea,india)

MAJALENGKA
COLOR OF ASIA
Stara Radio 105,8 fm
selasa jam 21.00-24.00

Belajar Bahasa Korea :: 밉다 ( mibda ) = Benci…

kata 밉다 ( mibda ) atau sama juga dgn benci..

Dalam bahasa Korea benci itu 밉다 ( mipda ). Kata ini termasuk dalam pembahasan ” ㅂ irriguler verb ( kata kerja tak beraturan )”. Base verb-nya adalah 밉 > 미우. Kadang-kadang ketika ㅂ berposisi 받침 ( bachim, konsonan akhir kata ), dalam bentuk tidak beraturan maka informalnya ㅂ( b;p ) dirubah menjadi 우 ( u ). Tidak ada cara khusus untuk menentukan apakah ㅂ itu kata kerja tidak beraturan atau tidak, kata kerja tak beraturan hanya harus dihafalkan ( sima’i).

Perubahan-perubahan kata ini adalah 밉다 ( mibda= benci ) > 미워 ( miweo = membenci, bentuk informal biasa ) > 미웠어 ( miweosseo = telah membenci ) > 미울 거야 ( miul geoya = akan membenci ) > 미워라( miweora: bencilah , informal biasa ) 미우세요 ( miuseyo: bencilah, informal hormat )> 밉자 (mibja: mari membenci )> 미움 (mium : kebencian, nominal ing ), dan sebagainya.

Contoh -contoh :
1. 나는 저 놈이 밉다 ( naneun jeo nomi mibda ) aku benci orang itu.

2. 나는 이유 없이 그녀를 미웠다 ( naneun iyu eobsi geunyeo reul miweotda ) Tanpa alasan aku tak suka pada gadis itu.

3. 나를미워서 전화도 하지 않았다 ( Nareul miweosseo cheonwado haji anhatda ) Dia membenciku bahkan nggak telepon.

4. 그녀는 예쁘지도 밉지도 않고 그냥 평범하다 ( geunyeoneun yeppeujido mibjido anko geunyang pyeong beob hada ) Gadis itu tak cantik dan tak jelek amat kok, biasa2 saja .
Jadi 미워 ( miweo ) juga bermakna buruk rupa ( tidak cantik ). misalnya juga 미운오리 새끼 ( miun ori sekki = anak itik yang buruk rupa ).

5. 나는 너를 고운 정 미운 정이 다 들었다 ( Naneun neoreul goun jeong miun jeongi da deureotda ) Perasaanku padamu berbaur antara cinta dan benci.
ungkapan ini biasanya untuk mengungkap perasaan cinta seseorang.

6. 아직도 그 사람 미워요? ( ajigdo geu saram miweoyo ? ) masihkah kau membencinya?

7. 너 정말 미워 죽겠어! ( neo jeongmal miweo juggesseo ! ) aku sungguh sangat benci kamu.

Pembelajaran ini adalah mengajak belajar kata ‘ benci ‘, bukan mengajak belajar untuk membenci…


Selamat Belajar…!!! ^__^


Source: ahjussi tazkiana
via KLI 2 kata 밉다 ( mibda ) atau sama juga dgn benci..

Dalam bahasa Korea benci itu 밉다 ( mipda ). Kata ini termasuk dalam pembahasan ” ㅂ irriguler verb ( kata kerja tak beraturan )”. Base verb-nya adalah 밉 > 미우. Kadang-kadang ketika ㅂ berposisi 받침 ( bachim, konsonan akhir kata ), dalam bentuk tidak beraturan maka informalnya ㅂ( b;p ) dirubah menjadi 우 ( u ). Tidak ada cara khusus untuk menentukan apakah ㅂ itu kata kerja tidak beraturan atau tidak, kata kerja tak beraturan hanya harus dihafalkan ( sima’i).

Perubahan-perubahan kata ini adalah 밉다 ( mibda= benci ) > 미워 ( miweo = membenci, bentuk informal biasa ) > 미웠어 ( miweosseo = telah membenci ) > 미울 거야 ( miul geoya = akan membenci ) > 미워라( miweora: bencilah , informal biasa ) 미우세요 ( miuseyo: bencilah, informal hormat )> 밉자 (mibja: mari membenci )> 미움 (mium : kebencian, nominal ing ), dan sebagainya.

Contoh -contoh :
1. 나는 저 놈이 밉다 ( naneun jeo nomi mibda ) aku benci orang itu.

2. 나는 이유 없이 그녀를 미웠다 ( naneun iyu eobsi geunyeo reul miweotda ) Tanpa alasan aku tak suka pada gadis itu.

3. 나를미워서 전화도 하지 않았다 ( Nareul miweosseo cheonwado haji anhatda ) Dia membenciku bahkan nggak telepon.

4. 그녀는 예쁘지도 밉지도 않고 그냥 평범하다 ( geunyeoneun yeppeujido mibjido anko geunyang pyeong beob hada ) Gadis itu tak cantik dan tak jelek amat kok, biasa2 saja .
Jadi 미워 ( miweo ) juga bermakna buruk rupa ( tidak cantik ). misalnya juga 미운오리 새끼 ( miun ori sekki = anak itik yang buruk rupa ).

5. 나는 너를 고운 정 미운 정이 다 들었다 ( Naneun neoreul goun jeong miun jeongi da deureotda ) Perasaanku padamu berbaur antara cinta dan benci.
ungkapan ini biasanya untuk mengungkap perasaan cinta seseorang.

6. 아직도 그 사람 미워요? ( ajigdo geu saram miweoyo ? ) masihkah kau membencinya?

7. 너 정말 미워 죽겠어! ( neo jeongmal miweo juggesseo ! ) aku sungguh sangat benci kamu.


Pembelajaran ini adalah mengajak belajar kata ‘ benci ‘, bukan mengajak belajar untuk membenci…


Selamat Belajar…!!! ^__^


Source: ahjussi tazkiana

Annyeong,Belajar bahasa korea yuk ^_^

Suka nonton drama korea?drama korea emang lagi booming di indonesia akhir-akhir ini.Menjadi pilihan bagi selera penonton yg bosen dengan sinetron2 indonesia yg intinya itu2 aja, penyiksaaan!(buat yg hobby sorry,^_*). Biasanya kalau udah suka dramanya, lanjut juga suka kebudayaan korea,makanan sampe bahasanya….Berikut ini ada beberapa kosakata bahasa korea yang dapat kita ingat dan pelajari..
Yang pertama, kata ganti :

Kata ganti orang secara umum.

– Saya = Jo neun
– Aku = Na neun
– Anda = Tangsin eun

– Kamu = No neun
– Dia (lk) = Keu neun
– Dia (pr) = Keu nyo neun
– Beliau = Keu bun eun
– Orang itu = keu saram eun
– Mereka = Keu ne deul eun / Ye ne deul eun
– Kalian = Ni deul eun
– Kami / kita = Uri neun
Kata ganti orang dalam keluarga dan diluar keluarga :
Didalam keluarga
– Ayah / bapak = Aboji / Abonim / Appa
– Bunda / Ibu = Omoni / Omonim / Umma
– Kakek = Haraboji
– Nenek = Halmonie.
– Paman = Samchong.
– Bibi = Imo
– Anak ( lk ) = Adeul
– Anak ( pr ) = Ttal
– Bayi = Agi
– Kakak ( lk ) = Hyong ( yg menyebut Lk-lk )
– Kakak ( lk ) = Oppa ( yang menyebut Perempuan )
– Kakak ( pr ) = Nuna (yg menyebut lk2 )
– Kakak ( pr ) = Onni ( yg menyebut Prempuan )
– Adik ( lk ) = Nam Tongseng
– Adik ( pr ) = Yo Tongseng
– Keponakan = Cokha
– Sepupu = Sachon
– Orang tua = Pumo
– Cucu = Sonja
– Suami istri = Pubu
– Suami = Namphyeon
– Istri = Ane
Diluar keluarga
– Tuan – …… = …… ssi
– Nona – …… = …… yang / ssi
– Nyonya – …… = ……. Miseu
– Anak Muda (lk) = Conggak
– Anak Perawan = Agassi
– Anda / Saudara = Jane
– Kekasih / Pacar = Ein
– Perempuan = Yoja
– Laki-laki = Namja
– teman = Chin~gu
Selanjutnya adalah, kosakata yg sering d’gunakan sehari2.
– Annyeong haseyo = halo
– Yeobosoyo = halo ntuk prcakapan d’telepon.
– Annyeonghi jumuseyo = met malem.
– Mian / Mianhae / Mianhamida = Maaf.
– gomawo / Kamsahamnida = trimakasih.
– cheonmaneyo = sama-sama / trimakasih kembali.
– hwaiting = semangat
– saengil chukae hamnida = met ultah.
– ottokhe = bagaimana
– andwae = tdk / ga mungkin
– araso = mengerti
– itjimal = jangan lupa
– eonje = kapan
– chongmal = benarkah?
– mwo = mengungkapkan ktidak percayaan, misal : hah, masa’ sih..??
– aigo = ya ampun.. / astaga
– omo = O.M.G
– saranghaeyo = aku cinta padamu
– maeum = hati
– saram = orang
– jagiya = sayang
– haru = hari
– ye = iya
– ne = ah, iya
– molla = tidak tahu
– jebal = mohon
– gwaenchana = ga apa2
– yakso = janji
– uljima = jangan nangis.
– jebal = tolong
– hajiman = tapi/tetapi
– gheojhitmal = bohong
– ghayeopseora = kasihan
– bogosipo = kangen
– agassi = gadis

ayo bikin nama korea kalian

Ayo buat nama korea kalian sekarang caranya gampang

Nama terakhir: Tanggal kelahiran kalian- 1: Hwa- 2: Woo- 3: Joon- 4: Hee- 5: Kyo- 6: Kyung- 7: Wook- 8: Jin- 9: Jae- 10: Hoon- 11: Ra- 12: Bin – 13: Sun- 14: Ri- 15: Soo- 16: Rim- 17: Ah- 18: Ae- 19: Neul- 20: Mun- 21: In- 22: Mi- 23: Ki- 24: Sang- 25: Byung- 26: Seok- 27: Gun- 28: Yoo- 29: Sup…- 30: Won- 31: Sub

Middle name : ini bulan kelahiran agan buat di nama tengah .- 1: Yong- 2: Ji- 3: Je- 4: Hye- 5: Dong- 6: Sang- 7: Ha- 8: Hyo- 9: Soo- 10: Eun – 11: Hyun- 12: Rae

ini Buat nama pertama..Surname : angka terkahir dari tahun kelahiran 0: Park- 1: Kim- 2: Shin- 3: Choi- 4: Song- 5: Kang – 6: Han- 7: Lee- 8: Sung- 9: Jung

kosakata bahasa korea…

lha ini bbrp kosakata sederhana..
yuk blajar korea!!!!

@font-face { font-family: “Cambria Math”;}@font-face { font-family: “Calibri”;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal { margin: 0cm 0cm 0.0001pt; line-height: 115%; font-size: 11pt; font-family: “Calibri”,”sans-serif”; }.MsoChpDefault { }.MsoPapDefault { line-height: 115%; }div.Section1 { page: Section1; }

KOSA KATA BAHASA KOREA
Aku Cinta Kamu = Saranghae
Saranghamnida
Aku Suka Kamu = Choaheyo
Senang Bertemu Dengan Mu = Mannaseo bangapseummnida
Saya Orang Indonesia = Indonesia saramimnida
Saya Belajar Bahasa Korea = Naneun hangugeoreul baeunda
Maafkan Aku = Mian ne
Mian hamnida
Kalian Dari Mana ? = Neohuideureun eodieseo wanni ?
Boleh, Silahkan = Ne, doemnida
Bagus Sekali = Maeu joseumnida
Oke = Jeoseumnida
Tidak = Anio
Iya = Ye
Ne
Tidak Pernah = Gyeolko animnida
Aku Mengerti = Algesseoyo
Arayo
Aku Nggak Tau = Mollayo
Ya, Ada = Ne, isseoyo
Siapa Nama Mu ? = Ireumi mwoyeyo?
Nama Ku Jeong Ji-Hoon = Jeo neun Jeong Ji-Hoon ieyo
Apakah Ini ? = Ige mwoyeyo?
Sangat Cantik = Cham yebbeoyo
Nggak Apa-Apa = Goenchanayo
Baik-Baik Saja, Terima Kasih= Jal jinaepida, gamsahamnida
Maaf, Tidak Tahu = Minhamnida, jal moreugesseumnida
Aku Suka Nasi Goreng = Jeoneun nasi gorengeul joahamnida
Halo = (Ucapan pembuka di telefon)
Yeoboseyo…
Penyanyi : Gasu
Keluarga : Gajok
Masuk Angin : Gamgi
Polisi : Gyeongchal
Kucing : Goyangi
Teman : Gongwon
Telefon Umum : Gongjungjeonhwa
Bandara : Gonghang
Kue : Gwaja
Sepatu : Gudu
Seratus : Baek
Rumah Sakit : Byeongwon
Pulpen : Bolpen
Roti : Ppal
Toko Buku : Seojeom
Restoran : Sikdang
Indah : Areumdappda
Bayi : Agi
Pagi : Achim
Koran, Surat Kabar : Sinmun
Majalah : Japji
Anak – Anak : Eorini
Rumah : Jip
Kopi : Keopi
Taksi : Taeksi
Televisi : Tellebijeon
Pesta : Pati
Hotel : Hotel
Kantor : Hoesa
Sekolah : Hakgyo
SD : Chodeunghakgyo
SMP : Junghakgyo
SMA : Godeunghakgyo
Murid SMA : Godeunghaksaeng
Universitas : Daekhagyo
Laki – Laki : Namja
Perempuan : Yeoja
Adik Laki – Laki : Namdongsaeng
Adik Perempuan : Yeodongsaeng
Nama Hari :
Senin : Wolyoil
Selasa : Hwayoil
Rabu : Suyoil
Kamis : Mokyoil
Jum’at : Geumyoil
Sabtu : Toyoil
Minggu : Ilyoil
Nama Bulan :
Januari : Ilwol
Februari : Iwol
Maret : Samwol
April : Sawol
Mei : Owol
Juni : Yuwol
Juli : Chilwol
Agustus : Palwol
September : Guwol
Oktober : Siwol
November : Sipilwol
Desember : Sipiwol
Bilangan :

1 : Il
2 : I
3 : Sam
4 : Sa
5 : O
6 : Yuk
7 : Chil
8 : Pal
9 : Gu
10 : Sip
11 : Sip-Il
12 : Sip-I
13 : Sip-Sam
14 : Sip-Sa
15 : Sip-O
16 : Sip-Yuk
17 : Sip-Chil
18 : Sip-Pal
19 : Sip-Gu
20 : I-Sip
21 : I-Sip-Il
50 : O-Sip
55 : O-Sip-O
100 : Il-Baek
1.000 : Il-Cheon
10.000 : Il-Man
100.000 : Il-Sip-Man
1.000.000 : Il-Baek-Man
10.000.000 : Il-Cheon-Man
100.000.000 : Il-Eok